• Sun. Jul 21st, 2024

3 Tips Cermat Memilih Sepeda Gunung Untuk Anak

ByPrasetya

Jul 4, 2023

Bersepeda bisa disebut olahraga yang abadi, karena Justru kini bersepeda banyak digandrungi semua kalangan masyarakat. Teknologi dan perkembangan yang semakin pesat, dengan bersepeda bisa menjauhkan dampak negatif anak-anak dari kecanduan gadget. Anak-anak bisa melakukan eksplorasi dengan bersepeda di luar rumah.

Akan tetapi untuk kamu yang akan membelikan sepeda gunung untuk anak-anak harus menyesuaikan dengan beberapa hal. Kamu harus mempertimbangkan beberapa aspek yang salah satu diantaranya dari segi keamanan ketika digunakan anak-anak. Sebelum kamu membelikan sepeda gunung untuk anak-anak, alangkah lebih baik perhatikan hal berikut ini.

Ukuran sepeda yang pas

Mengukur sepeda gunung yang pas dan tepat sesuai dengan anak-anak tidak dilihat dari tinggi maupun rendahnya sadel. Namun bisa diukur dari ban sepeda. Anak-anak dengan rentang usia 7 tahun sampai 10 tahun, ban yang cocok digunakan ukurannya sekitar 20 inci. Nah untuk anak-anak yang memiliki rentang usia di atas 10 tahun, ban dengan lingkar 26 inci bisa dijadikan pilihan untuk bersepeda.

Tak hanya tentang ukuran ban sepeda lho. Kamu juga harus mempertimbangkan berat badan anak. Karena berat badan anak berpengaruh apda kekuatan anak saat melakukan kontrol terhadap sepedanya. Untuk lebih baiknya, sang anak diminta mencoba terlebih dulu sepeda mana yang akan dibeli. Kamu bisa memperhatikan apakah sang anak bisa memegang stang dan menjejak kaki ke tanah secara seimbang. Serta yang tak kalah penting, apakah sang anak nyaman saat menaiki sepeda tersebut.

Sadel atau tempat duduk sepeda

Sadel atau tempat duduk di sepeda ini harus dipastikan nyaman dan kokoh ya. Anak harus dipastikan aman dan tidak tergelincir saat duduk di sadel. Kamu harus menyesuaikan jarak antara setang dan sadel sepeda yang pas sesuai dengan panjang tangan si anak. Hal ini supaya anak-anak terhindar dari cedera maupun kejang otot saat memegang setang sepeda tersebut.

Kamu juga penting melakukan pengaturan yang pas tinggi sadelnya. Posisi sadel yang terlalu rendah bisa menyebabkan kontraksi otot dan tekanan yang berlebih pada lutut anak. Namun bila terlalu tinggi, energi anak untuk mengayuh sepeda akan cepat terkuras. Pastikan posisi sadel pas dengan tinggi anak.

Frame sepeda

Salah satu bagian yang penting untuk menunjang kekuatan bodi sepeda anak adalah komponen frame sepeda. Rangka sepeda yang lemah bisa menyebabkan bahaya untuk keselamatan anak-anak. Yang tak kalah penting, kamu harus memastikan adanya penutup gear untuk menghindari anak dari gesekan rantai ketika sedang mengayuh sepeda.

Kini rangka sepeda dibuat dari bermacam jenis material bahan. Bahan frame sepeda yang paling ideal yaitu dari bahan titanium. Karena bahan ini memiliki kekuatan seperti baja, namun bobotnya setengah dari bobot baja. Bahan lain yang juga tak kalah bagus adalah steel, chromoly, alloy, dan carbon fiber.