6 Tips Sederhana Memilih Minyak Goreng Untuk Bikin Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang menarik manakala ketika hujan sedang deras-derasnya, selain bikin ngiler gorengan juga banyak diminati untuk cemilan bersama keluarga. Banyak jenis gorengan yang banyak dijual dipinggir jalan, mulai dari tahu goreng, tempe goreng, bakwan, dan masih banyak jenis gorengan lainnya.

Nah bagi Anda yang gemar mengkonsumsi gorengan, perlunya memperhatikan cara pengolahannya karena gorengan yang kurang tepat cara pengolahan bisa menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Oleh karenanya bagi Anda yang ingin mencoba mengolah sendiri bikin gorengan perlunya untuk mengetahui tips dan trik agar gorengan yang dibuat jadi lebih enak.

Berikut dibawah ini beberapa cara sederhana bikin gorengan lezat menggunakan minyak goreng.

1. Siapkan Bahan yang Segar

Untuk menghasilkan gorengan yang enak dan lezat, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang segar pula sehingga dengan menggunakan bahan yang segar akan menghasilkan gorengan yang lezat.

Adapun bahan yang bisa disiapkan untuk membuat gorengan lezat diantaranya seperti sayur kol, bawang, jagung, Telur, Ikan, Tempe, Tahu, dan masih masih banyak lagi bahan yang bisa digunakan. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahan yang akan digunakan mesti yang segar dan jangan lupa untuk mencuci bersih sehingga terhindar dari bakteri yang bisa menempel pada bahan tersebut.

2. Gunakan Minyak Goreng Premium

Langkah selanjutnya adalah dengan menyediakan minyak goreng premium untuk media menggoreng. Pastikan untuk menggunakan minyak goreng yang terbuat dari buah kelapa sawit seperti minyak goreng SunCo yang sudah teruji kualitasnya. Karena untuk mendapatkan hasil gorengan yang lezat tentu pemilihan minyak juga harus tepat pula.

Minyak goreng ini tersedia dengan berbagai ukuran, dari SunCo ukuran 500ml, 1 liter, 2 liter, 5 liter dan 18 liter.

3. Hindari Menggunakan Minyak Bekas atau Jelantah

Hindari menggunakan minyak bekas untuk membuat gorengan karena bila ini tetap dilakukan akan menghasilkan gorengan menjadi hitam dan pastinya akan kurang baik bila dikonsumsi bagi tubuh. Minyak goreng yang digunakan berulang-ulang akan menurunkan cita rasa gorengan dan aromanya menjadi kurang sedap.

4. Aduk Semua Bahan

Bila semua bahan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mengaduk semua bahan menjadi adonan dan tidak lupa untuk menambahkan penyedap rasa pada adonan tersebut sehingga nantinya akan menciptakan rasa yang gurih. Bila adonan semua sudah siap maka langkah selanjutnya panaskan panci dengan suhu yang tidak terlalu panas sehingga kematangan gorengan bisa lebih sempurna tidak matang di luar.

5. Gunakan Metode Penggorengan yang Tepat

Untuk memudahkan proses menggoreng, Anda bisa menggunakan penggorengan yang tidak terlalu kecil, usahakan untuk menggunakan penggorengan yang terlalu besar dan yang sedikit cekung sehingga dengan ukuran penggorengan yang besar akan memudahkan proses menggorengnya.

6. Tiriskan Gorengan yang Sudah Matang

Bila sudah selesai menggoreng, jangan lupa untuk meniriskan dengan baik gorengan tersebut sehingga sisa minyak tidak menempel pada gorengan. Tujuan lain meniriskan gorengan yang sudah matang agar bisa mengurangi minyak yang berlebihan. Selanjutnya taruh gorengan pada wadah yang sudah dialasi tisu sehingga gorengan yang matang bisa kering dengan sempurna.

Bila sudah selesai prosesnya menggorengnya, kini gorengan lezat sudah bisa disajikan bersama keluarga dirumah apalagi jika cuaca sedang hujan tentu akan menambah kenikmatan saat mengkonsumsinya.

Untuk menambahkan cita rasa gorengan, tidak lupa untuk menambahkan cabai rawit hijau atau saus pedas yang bisa dicocol dengan gorengan sehingga makan pun akan bertambah semangat. Nah cukup mudah bukan cara membuatnya.

Jadi itulah 6 cara mudah membuat gorengan menggunakan minyak goreng premium yang bisa Anda coba lakukan dirumah untuk disajikan bersama keluarga. Jangan lupa untuk menggoreng menggunakan minyak SunCo ukuran 500ml yang sudah terbukti akan kualitasnya.