• Sun. Jul 21st, 2024

Cara Edit Foto Biar Tinggi

ByPrasetya

Jul 1, 2023

Pertama, Perhatikan Kualitas Foto

Hello Sobat Beritasuka! Apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini kita akan membahas tentang cara edit foto biar tinggi. Sebelum kita masuk ke dalam teknik editing, ada satu hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu yaitu kualitas foto. Pastikan foto yang akan di edit memiliki resolusi dan kualitas yang bagus agar hasil editan tidak pecah atau blur.

Maka dari itu, ketika akan mengambil foto pastikan kamera yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Jangan lupa untuk mengecek dan memilih settingan yang tepat pada kamera agar hasil foto yang dihasilkan lebih bagus. Selain itu, pastikan juga tidak ada cahaya yang berlebihan atau gelap saat pengambilan foto. Hal ini penting agar hasil editan dapat lebih maksimal.

Gunakan Aplikasi Editing yang Tepat

Setelah memperhatikan kualitas foto yang baik, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi editing yang tepat. Ada banyak aplikasi editing yang bisa digunakan, seperti Adobe Photoshop, Lightroom, VSCO, dan sebagainya. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam mengedit foto.

Selain itu, pastikan juga untuk memahami fungsi dan fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Hal ini akan memudahkanmu dalam mengedit foto dan menghasilkan hasil yang bagus. Jangan lupa untuk mencoba berbagai settingan pada aplikasi editing untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginanmu.

Perbaiki Pencahayaan dan Warna Foto

Setelah memilih aplikasi editing yang tepat, langkah selanjutnya adalah memperbaiki pencahayaan dan warna foto. Hal ini penting untuk membuat foto terlihat lebih hidup dan cerah.

Kamu bisa mengubah tingkat kecerahan, kontras, shadows, highlights, dan lain-lain pada aplikasi editing yang digunakan. Selain itu, pastikan juga untuk menyesuaikan warna foto agar terlihat lebih natural dan tidak terlalu over saturated.

Hapus Noise pada Foto

Noise atau kotoran pada foto bisa membuat foto terlihat kurang bagus dan tidak tajam. Oleh karena itu, pastikan untuk menghapus noise pada foto sebelum diedit.

Untuk menghapus noise, kamu bisa menggunakan fitur noise reduction pada aplikasi editing yang digunakan. Pastikan untuk tidak terlalu menghilangkan noise agar foto tidak terlihat over-processed dan tetap terlihat natural.

Pilih Crop yang Tepat

Crop atau memotong foto juga penting untuk membuat foto terlihat lebih estetik. Pastikan untuk memilih crop yang tepat agar objek foto terlihat jelas dan harmonis.

Kamu bisa memilih crop yang persegi, landscape, atau portrait sesuai dengan kebutuhan dan komposisi foto. Jangan lupa untuk memperhatikan detil dan proporsi pada foto agar crop terlihat pas dan tidak terlalu memotong objek utama pada foto.

Gunakan Efek dan Filter yang Tepat

Efek dan filter juga bisa membuat foto terlihat lebih keren dan berbeda dari sebelumnya. Namun, pastikan untuk tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan efek dan filter.

Pilihlah efek dan filter yang sesuai dengan tema foto dan jangan terlalu menggunakan efek yang berlebihan. Terlalu banyak penggunaan efek dan filter bisa membuat foto terlihat over-processed dan tidak terlihat natural.

Tambahkan Tekstur pada Foto

Tekstur bisa membuat foto terlihat lebih hidup dan memiliki dimensi yang lebih dalam. Kamu bisa menambahkan tekstur pada foto dengan menggunakan fitur texture overlay pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah tekstur yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan tekstur agar tidak membuat foto terlihat terlalu sibuk dan tidak mudah dipahami.

Ubah Background pada Foto

Background pada foto juga bisa diubah sesuai dengan keinginan dan tema foto yang diinginkan. Kamu bisa mengubah background dengan menggunakan fitur background removal atau dengan memotong objek pada foto dan meletakkannya pada background yang berbeda.

Pastikan untuk memilih background yang sesuai dengan tema foto dan tidak terlalu mencolok agar tidak mengganggu fokus pada objek utama pada foto.

Gunakan Fitur Cloning untuk Menghapus Objek Tidak Diinginkan

Terkadang ada objek yang tidak diinginkan pada foto, seperti sampah atau orang yang tidak dikenal. Kamu bisa menghapus objek tersebut dengan menggunakan fitur cloning pada aplikasi editing yang digunakan.

Pastikan untuk menghapus objek tersebut dengan teratur dan natural agar tidak terlihat seperti hasil editan yang kasar.

Tambahkan Teks pada Foto

Teks pada foto bisa membuat foto terlihat lebih berarti dan memberikan pesan yang ingin disampaikan. Kamu bisa menambahkan teks pada foto dengan menggunakan fitur text overlay pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis teks dan warna yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan teks agar tidak mengganggu fokus pada objek utama pada foto.

Gunakan Fitur Sharpening

Sharpening atau mempertajam foto juga penting untuk membuat foto terlihat lebih tajam dan detail. Kamu bisa menggunakan fitur sharpening pada aplikasi editing yang digunakan.

Pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan fitur sharpening agar tidak membuat foto terlihat over-processed dan tetap terlihat natural.

Tambahkan Fokus pada Foto

Fokus pada foto bisa membuat foto terlihat lebih dramatis dan menarik perhatian. Kamu bisa menambahkan fokus pada foto dengan menggunakan fitur focus pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah fokus yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan fokus agar tidak mengganggu fokus pada objek utama pada foto.

Tambahkan Frame pada Foto

Frame atau bingkai pada foto bisa membuat foto terlihat lebih estetik dan memiliki tampilan yang lebih menarik. Kamu bisa menambahkan frame pada foto dengan menggunakan fitur frame pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah frame yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan frame agar tidak mengganggu fokus pada objek utama pada foto.

Gunakan Fitur Gradasi Warna

Gradasi warna bisa membuat foto terlihat lebih dramatis dan memiliki warna yang lebih kaya. Kamu bisa menggunakan fitur gradasi warna pada aplikasi editing yang digunakan.

Pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan fitur gradasi warna agar tidak membuat foto terlihat over-processed dan tetap terlihat natural.

Tambahkan Blur pada Foto

Blur atau kabur pada foto bisa membuat foto terlihat lebih soft dan dramatis. Kamu bisa menambahkan blur pada foto dengan menggunakan fitur blur pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis blur yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan blur agar tidak mengganggu fokus pada objek utama pada foto.

Tambahkan Efek Bokeh pada Foto

Efek bokeh pada foto bisa membuat foto terlihat lebih estetik dan memiliki tampilan yang lebih menarik. Kamu bisa menambahkan efek bokeh pada foto dengan menggunakan fitur bokeh pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis bokeh yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan efek bokeh agar tidak mengganggu fokus pada objek utama pada foto.

Gunakan Fitur Perspective untuk Mengubah Perspektif Foto

Perspective atau perspektif pada foto bisa diubah agar objek pada foto terlihat lebih berbeda dan menarik. Kamu bisa mengubah perspektif pada foto dengan menggunakan fitur perspective pada aplikasi editing yang digunakan.

Pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan fitur perspective agar tidak membuat foto terlihat tidak natural dan tidak sesuai dengan objek pada foto.

Tambahkan Efek Light Leak pada Foto

Efek light leak pada foto bisa membuat foto terlihat lebih artistic dan memiliki tampilan yang lebih menarik. Kamu bisa menambahkan efek light leak pada foto dengan menggunakan fitur light leak pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis light leak yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan efek light leak agar tidak mengganggu fokus pada objek utama pada foto.

Tambahkan Efek Double Exposure pada Foto

Efek double exposure pada foto bisa membuat foto terlihat lebih artistic dan menarik perhatian. Kamu bisa menambahkan efek double exposure pada foto dengan menggunakan fitur double exposure pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis double exposure yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan efek double exposure agar tidak mengganggu fokus pada objek utama pada foto.

Tambahkan Efek Vignette pada Foto

Efek vignette pada foto bisa membuat foto terlihat lebih dramatis dan menarik perhatian. Kamu bisa menambahkan efek vignette pada foto dengan menggunakan fitur vignette pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis vignette yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan efek vignette agar tidak membuat foto terlihat tidak natural.

Tambahkan Efek Motion Blur pada Foto

Efek motion blur pada foto bisa membuat foto terlihat lebih dramatis dan memiliki tampilan yang lebih menarik. Kamu bisa menambahkan efek motion blur pada foto dengan menggunakan fitur motion blur pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis motion blur yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan efek motion blur agar tidak membuat foto terlihat tidak natural.

Tambahkan Efek Sepia pada Foto

Efek sepia pada foto bisa membuat foto terlihat lebih vintage dan memiliki tampilan yang lebih menarik. Kamu bisa menambahkan efek sepia pada foto dengan menggunakan fitur sepia pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis sepia yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan efek sepia agar tidak membuat foto terlihat terlalu tua.

Tambahkan Efek Grain pada Foto

Efek grain pada foto bisa membuat foto terlihat lebih vintage dan memiliki tampilan yang lebih menarik. Kamu bisa menambahkan efek grain pada foto dengan menggunakan fitur grain pada aplikasi editing yang digunakan.

Pilihlah jenis grain yang sesuai dengan tema foto dan pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan efek grain agar tidak membuat foto terlihat terlalu over-processed.

Kesimpulan

Demikianlah cara edit foto biar tinggi yang bisa Sobat Beritasuka coba praktekan sendiri. Ingat, jangan terlalu banyak menggunakan efek dan filter agar hasil editan tidak terlihat over-processed dan tetap terlihat natural. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat!