• Sun. Jul 21st, 2024

Cara Mengedit Foto Agar Tidak Blur

ByPrasetya

Jun 25, 2023

Hello, Sobat Beritasuka! Siapa sih yang tidak ingin memiliki foto yang jernih dan tajam? Namun, terkadang kita mengalami kesulitan ketika mengambil foto dengan hasil blur atau kabur. Nah, jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan tips cara mengedit foto agar tidak blur.

1. Menggunakan Fitur Sharpen

Fitur sharpen atau ketajaman pada aplikasi edit foto dapat membantu menyamakan pixel-pixel pada gambar yang telah kabur. Caranya cukup mudah, buka aplikasi edit foto yang biasa Anda pakai, lalu pilih fitur sharpen. Jangan terlalu sering menggunakan fitur ini, karena dapat membuat foto terlihat tidak natural dan terlalu tajam.

2. Menggunakan Filter Unsharp Mask

Unsharp Mask adalah filter yang dapat meningkatkan ketajaman gambar. Cara menggunakannya cukup mudah, buka aplikasi edit foto, lalu pilih filter unsharp mask. Atur nilai pada fitur radius dan amount sesuai keinginan Anda. Filter ini bekerja dengan membuat pixel yang kurang tajam menjadi lebih tajam.

3. Menggunakan Fitur Deblur

Deblur adalah fitur yang dapat membantu menghilangkan blur pada gambar dengan cara mengatur fokus ulang pada gambar. Caranya cukup mudah, buka aplikasi edit foto, lalu pilih fitur deblur. Atur nilai pada fitur radius dan threshold sesuai keinginan Anda. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini mungkin tidak bisa mengembalikan gambar yang sudah terlalu blur.

4. Menggunakan Layanan Online

Jika tidak memiliki aplikasi edit foto, Anda juga dapat menggunakan layanan online yang menyediakan fitur edit foto. Salah satu layanan online yang bisa digunakan adalah Canva. Anda hanya perlu mengunggah foto yang ingin diedit, lalu pilih fitur sharpen atau filter unsharp mask.

5. Menggunakan Photoshop

Jika Anda memiliki aplikasi photoshop, Anda dapat menggunakan fitur unsharp mask pada gambar yang blur. Caranya cukup mudah, buka photoshop, lalu pilih fitur unsharp mask pada menu filter. Atur nilai pada fitur radius dan amount sesuai keinginan Anda. Namun, untuk menggunakan aplikasi photoshop diperlukan sedikit pengetahuan mengenai teknik edit foto.

6. Menggunakan Aplikasi Snapseed

Salah satu aplikasi edit foto yang cukup populer adalah Snapseed. Aplikasi ini memiliki fitur sharpen yang dapat membantu menghilangkan blur pada gambar. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memilih area mana yang ingin di sharpen dan berapa tingkat sharpen yang diinginkan.

7. Menggunakan Aplikasi Lightroom

Jika Anda ingin melakukan edit foto secara profesional, maka aplikasi lightroom bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini memiliki fitur sharpen yang dapat membantu menghilangkan blur pada gambar. Selain itu, aplikasi lightroom juga memiliki fitur lain yang dapat membuat gambar terlihat lebih menarik.

8. Hindari Mengambil Foto dengan Kondisi Cahaya yang Buruk

Salah satu penyebab foto kabur adalah kondisi cahaya yang buruk. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengambil foto pada kondisi cahaya yang buruk seperti kurangnya cahaya atau terlalu banyak cahaya. Pastikan juga tidak terdapat benda-benda yang menghalangi cahaya saat mengambil foto.

9. Gunakan Tripod

Memegang kamera dengan tangan dapat menyebabkan getaran pada gambar yang diambil. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tripod saat mengambil foto agar gambar terlihat lebih tajam. Dengan menggunakan tripod, kamera dapat diletakkan pada posisi yang stabil dan mengurangi getaran pada gambar.

10. Menggunakan Mode Shutter Priority

Jika Anda ingin mengambil foto dengan gerakan yang cepat, sebaiknya gunakan mode shutter priority pada kamera. Mode ini memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan rana sehingga dapat menghindari gambar kabur akibat gerakan yang cepat.

11. Menggunakan Kamera dengan Image Stabilization

Kamera dengan fitur image stabilization dapat membantu mengurangi getaran pada gambar yang diambil. Dengan menggunakan kamera dengan fitur ini, Anda dapat mengambil foto dengan tangan tanpa khawatir gambar akan terlihat blur.

12. Menggunakan Kamera dengan Lensa Wide Angle

Salah satu cara untuk mengurangi blur pada gambar adalah dengan menggunakan kamera dengan lensa wide angle. Lensa ini dapat menangkap lebih banyak cahaya dan menjaga gambar terlihat tajam meskipun dengan kondisi cahaya yang kurang baik.

13. Hindari Menggunakan Zoom

Zoom pada kamera dapat menyebabkan gambar menjadi blur. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan zoom saat mengambil foto agar gambar terlihat lebih tajam.

14. Gunakan Teknik Panning

Teknik panning adalah teknik mengambil foto dengan membiarkan objek dalam gerakan dan mengikuti gerakan tersebut dengan kamera. Teknik ini dapat menghasilkan gambar yang keren dan tajam meskipun dalam kondisi gerakan yang cepat.

15. Menggunakan Aplikasi Snapseed

Salah satu aplikasi edit foto yang cukup populer adalah Snapseed. Aplikasi ini memiliki fitur sharpen yang dapat membantu menghilangkan blur pada gambar. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memilih area mana yang ingin di sharpen dan berapa tingkat sharpen yang diinginkan.

16. Menggunakan Aplikasi Lightroom

Jika Anda ingin melakukan edit foto secara profesional, maka aplikasi lightroom bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini memiliki fitur sharpen yang dapat membantu menghilangkan blur pada gambar. Selain itu, aplikasi lightroom juga memiliki fitur lain yang dapat membuat gambar terlihat lebih menarik.

17. Lakukan Edit Foto dengan Teliti

Jangan tergesa-gesa saat melakukan edit foto agar tidak blur. Lakukan edit foto dengan teliti dan hati-hati, serta pastikan semua detail pada gambar telah terlihat tajam.

18. Edit Foto dengan Ukuran yang Besar

Saat mengedit foto, sebaiknya gunakan ukuran yang besar agar setiap detail pada gambar dapat terlihat jelas. Setelah selesai melakukan edit, baru kemudian ukuran foto dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.

19. Menggunakan Aplikasi Adobe Camera Raw

Aplikasi Adobe Camera Raw dapat membantu menghilangkan blur pada gambar. Aplikasi ini memiliki fitur sharpen yang dapat memperjelas gambar yang kabur. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti exposure, contrast, dan color balance yang dapat membantu menghasilkan gambar yang lebih baik.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips cara mengedit foto agar tidak blur. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jernih. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kondisi cahaya dan menggunakan teknik yang tepat saat mengambil foto agar hasilnya lebih baik. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Beritasuka!