• Sun. Jul 21st, 2024

Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

ByPrasetya

Jul 1, 2023

Hello Sobat Beritasuka! Siapa sih yang tidak ingin memiliki foto yang terlihat keren dan instagenic seperti selebgram? Mungkin kamu sering bertanya-tanya bagaimana caranya mereka bisa menghasilkan foto yang keren dan kekinian. Nah, di artikel ini aku akan memberikan cara mengedit foto di Lightroom ala selebgram yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak selengkapnya!

1. Pilih Foto yang Akan Diedit

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memilih foto yang akan kamu edit. Pastikan foto yang kamu pilih sudah memenuhi kriteria seperti angle, komposisi, dan tentunya kualitas yang cukup baik. Hal ini sangat penting untuk memudahkan kamu dalam melakukan editing nantinya.

2. Sesuaikan White Balance

Setelah memilih foto, langkah selanjutnya adalah mengatur white balance. White balance adalah pengaturan warna untuk menghasilkan tone warna yang lebih baik. Kamu bisa mengatur white balance sesuai dengan suasana dan mood foto agar terlihat lebih menarik. Kamu bisa pilih salah satu preset di Lightroom atau kamu bisa mengatur manual.

3. Mengatur Exposure

Exposure adalah pengaturan cahaya pada foto. Kamu bisa mengatur exposure agar cahaya pada foto terlihat lebih baik dan terang. Kamu bisa melakukan penyesuaian exposure di Lightroom dengan memindahkan slider ke kanan atau ke kiri.

4. Sesuaikan Kontras

Kontras adalah perbedaan antara cahaya terang dan gelap pada foto. Kamu bisa melakukan penyesuaian kontras agar foto terlihat lebih hidup dan tajam. Kamu bisa mengatur kontras di Lightroom dengan memindahkan slider ke kanan atau ke kiri.

5. Atur Highlight dan Shadow

Highlight dan shadow adalah bagian dari foto di mana cahaya sangat terang atau sangat gelap. Kamu bisa mengatur highlight dan shadow agar foto terlihat lebih seimbang dan detail pada setiap bagian. Kamu bisa mengatur highlight dan shadow di Lightroom dengan memindahkan slider ke kanan atau ke kiri.

6. Sesuaikan Tone Warna Foto

Tone warna adalah perpaduan warna pada foto. Kamu bisa mengatur tone warna agar warna pada foto terlihat lebih menarik dan seimbang. Kamu bisa mengatur tone warna di Lightroom dengan memindahkan slider ke kanan atau ke kiri.

7. Atur Vibrance dan Saturation

Vibrance dan saturation adalah pengaturan warna pada foto. Kamu bisa mengatur vibrance dan saturation agar warna pada foto terlihat lebih hidup dan cerah. Kamu bisa mengatur vibrance dan saturation di Lightroom dengan memindahkan slider ke kanan atau ke kiri.

8. Sesuaikan Sharpen dan Clarity

Sharpen dan clarity adalah pengaturan ketajaman pada foto. Kamu bisa mengatur sharpen dan clarity agar foto terlihat lebih tajam dan jelas. Kamu bisa mengatur sharpen dan clarity di Lightroom dengan memindahkan slider ke kanan atau ke kiri.

9. Tambahkan Efek

Jika kamu ingin membuat foto terlihat lebih artistik, kamu bisa menambahkan efek pada foto. Kamu bisa memilih preset yang tersedia di Lightroom atau kamu bisa membuat efek sendiri dengan mengatur parameter yang ada. Jangan terlalu berlebihan dalam penambahan efek ya, Sobat Beritasuka.

10. Hapus Noise pada Foto

Noise adalah titik kecil pada foto yang terlihat seperti butiran pasir. Kamu bisa menghapus noise pada foto agar terlihat lebih bersih dan detail. Kamu bisa menggunakan fitur noise reduction di Lightroom untuk menghapus noise pada foto.

11. Crop Foto

Jika kamu ingin memfokuskan pada objek tertentu pada foto, kamu bisa melakukan crop pada foto. Kamu bisa memilih ukuran crop yang sesuai dengan kebutuhan foto agar terlihat lebih menarik dan fokus pada objek yang ingin disorot.

12. Hue, Saturation, dan Luminance

Jika kamu ingin mengatur warna-warna tertentu pada foto, kamu bisa menggunakan fitur Hue, Saturation, dan Luminance di Lightroom. Kamu bisa mengatur warna-warna tertentu agar lebih hidup dan terlihat lebih menarik.

13. Tone Curve

Tone curve adalah pengaturan kontras pada foto secara terperinci. Kamu bisa melakukan penyesuaian tone curve agar foto terlihat lebih tajam dan detail pada setiap bagian. Kamu bisa mengatur tone curve di Lightroom dengan memindahkan slider ke kanan atau ke kiri.

14. Split Toning

Split toning adalah pengaturan warna yang digunakan untuk menciptakan nuansa tertentu pada foto. Kamu bisa menggunakan fitur split toning di Lightroom untuk memberikan nuansa warna pada foto agar terlihat lebih artistik.

15. Gradient dan Radial Filter

Gradient dan radial filter adalah pengaturan cahaya pada foto secara selektif. Kamu bisa menggunakan fitur gradient dan radial filter di Lightroom untuk memberikan efek cahaya pada bagian tertentu pada foto yang ingin disorot.

16. HSL Adjustment

HSL adjustment adalah pengaturan warna secara terperinci. Kamu bisa menggunakan fitur HSL adjustment di Lightroom untuk mengatur warna pada foto agar terlihat lebih harmonis dan seimbang.

17. Lens Correction

Fitur lens correction adalah pengaturan distorsi yang terjadi pada foto akibat penggunaan lensa tertentu. Kamu bisa menggunakan fitur lens correction di Lightroom untuk menghilangkan distorsi pada foto agar terlihat lebih sempurna.

18. Clone dan Heal

Clone dan heal adalah pengaturan untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada foto. Kamu bisa menggunakan fitur clone dan heal di Lightroom untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada foto agar terlihat lebih rapi dan bersih.

19. Ekspor Foto

Setelah selesai melakukan editing, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengexport foto. Kamu bisa memilih format dan kualitas foto yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk memberikan nama file yang jelas dan deskripsi yang singkat dan menarik agar foto kamu mudah dicari di mesin pencari.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mengedit foto di Lightroom ala selebgram yang bisa kamu coba. Ingat, jangan terlalu berlebihan dalam melakukan editing ya, Sobat Beritasuka. Tujuan dari editing ini adalah agar kamu bisa menghasilkan foto yang terlihat lebih baik dan menarik. Selamat mencoba!