Ini Dia Makanan untuk Diare Agar Cepat Sembuh yang Tepat

Ketika sedang diare sebaiknya perhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Selain dengan minum obat diare dan oralit, hal lain yang bisa membuat diare cepat sembuh adalah dari makanan yang dipilih. Karena makanan untuk diare bisa juga menentukan akan cepat sembuh atau justru memperparah kondisi diare yang dialami. Bagi yang mengalami diare, akan lebih baik untuk memilih jenis makanan berikut ini yang bisa membuat kondisi diare tersebut cepat teratasi dan sembuh:

 

1. Makanan berkuah

Jenis makanan pertama yang bagus dikonsumsi dan dipilih agar diare cepat sembuh adalah makanan berkuah. Pilih makanan ini seperti sup ayam yang mempunyai kuah banyak. Hal tersebut karena ketika diare maka akan kehilangan banyak cairan tubuh.

Sehingga untuk menggantinya bisa dengan mengkonsumsi cukup air setiap harinya yaitu 8 gelas hingga lebih. Selain itu juga akan dibantu dengan mengonsumsi makanan berkuah yang dapat menjadi selingan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Cara lain untuk menghindari dehidrasi juga bisa dengan memilih mengkonsumsi minum isotonik, makan buah dengan kandungan banyak air, dan minum oralit dengan efek yang lebih baik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Sup juga dapat mengenyangkan perut dan memberikan energi selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sehingga bisa dipilih sebagai makanan yang tepat untuk diare yang memberikan fungsi ganda.

 

2. Nasi putih dan bubur

Jenis makanan selanjutnya yang bisa dipilih adalah nasi putih dan bubur. Ketika diare tubuh Kamu akan terasa lemas. Oleh karena itulah perlu bahan yang dapat menambah energi seperti nasi putih dan bubur. Makanan tinggi karbohidrat tidak saja akan dapat memberikan tenaga tetapi juga mempunyai rendah serat.

Apabila mengonsumsi makanan yang tinggi serat justru akan membuat kondisi diare yang dialami menjadi lebih parah. Oleh karena itulah hindari untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, tetapi pilih makanan tinggi karbohidrat rendah serat seperti nasi putih dan bubur.

 

3. Roti tawar

Jenis selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah roti tawar yang merupakan makanan tanpa rasa. Hindari untuk mengonsumsi makanan yang mempunyai rasa karena dapat memperparah kondisi diare dan membuat mual dan muntah. Sehingga ketika mengonsumsi roti tawar juga jangan gunakan selai rasa buah maupun cokelat.

Tetapi alternatif yang bisa dipilih adalah dengan mengolesi roti tawar dengan mentega tipis-tipis atau memanggangnya sehingga tetap enak. Makan roti tawar saat diare akan dapat membuatnya lebih mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan peradangan.

 

4. Buah-buahan

Jenis selanjutnya yang bisa dipilih adalah buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi saat diare. Pilih juga jenis buah-buahan yang dapat menyembuhkan diare lebih cepat. Sehingga seperti yang telah disebutkan di atas maka hindari untuk memilih buah-buahan kaya serat.

Buah pisang mempunyai serat larut air sehingga membantu memadatkan feses. Pisang mempunyai kandungan pektin yang dapat membantu penyerapan kelebihan cairan yang menyebabkan diare. Selain pisang, buah yang baik untuk dikonsumsi selama diare adalah apel yang dapat dikonsumsi dengan dibuat jus, bubur, atau puree.

 

5. Makanan tinggi probiotik

Jenis makanan terakhir yang baik dikonsumsi selama diare adalah makanan tinggi probiotik. Jenis ini akan dapat untuk menyehatkan sistem pencernaan dengan menambah jumlah bakteri-bakteri baik di dalam usus.

Sehingga dengan mengkonsumsi probiotik juga akan dapat mengembalikan fungsi usus menjadi normal. Jenis makanan tinggi probiotik yang bisa dipilih adalah yogurt hingga tempe yang mudah didapatkan.