Keuntungan Bayar Pajak Online untuk Mempermudah Wajib Pajak

Bayar pajak menjadi satu kewajiban bagi warga negara Indonesia. Apalagi bagi pelaku usaha yang sudah memiliki badan usaha resmi. Tentunya membayar pajak adalah kewajiban yang harus rutin dilaporkan setiap tahunnya.

Proses untuk membayar pajak ini pun kini telah dipermudah dengan adanya sistem yang diluncurkan oleh DJP bagi wajib pajak yaitu sistem online. Namun, apa sih keuntungan membayar pajak secara online? Berikut ulasannya:

Sekilas Tentang Membayar Pajak Online

Membayar pajak online  merupakan satu bentuk pembaharuan atas sistem pembayaran serta pelaporan pajak yang sebelumnya menggunakan sistem manual. Adanya sistem online ini merupakan bentuk kebijakan DJP untuk mempermudah proses pembayaran serta pelaporan pajak.

Sistem bayar pajak online ini kini telah dikelola oleh seorang biller menggunakan sistem eBilling. Wajib pajak bisa membayar pajak dengan lebih mudah menggunakan kode ID Billing yang telah dibuat sebelumnya. Tentunya sistem yang digunakan ini juga akan lebih aman serta dapat membantu gerakan green tax yang telah diterapkan diberbagai negara.

Bagi seorang wajib pajak yang ingin melakukan pelaporan pajak maka, bisa menggunakan sistem eFaktur. Sama seperti membayar pajak yang bisa dilakukan secara online, pelaporan pajak ini juga bisa dilakukan melalui online dengan sistem yang aman.

Melalui adanya sistem yang berada di naungan DJP ini juga nantinya setiap wajib pajak akan mendapatkan bukti pembayaran yang telah dilakukan. Bahkan wajib pajak juga bisa menyimpan bukti melalui arsip yang disediakan dalam sistem. Tentunya dengan adanya fitur ini, nantinya bukti bisa kembali digunakan bila diperlukan dengan cara diunduh.

Keuntungan Bayar Pajak Online

Melalui adanya sistem online yang telah diterapkan untuk membayar pajak menggantikan sistem manual sebelumnya tentu memberikan dampak cukup signifikan bagi wajib pajak. Adanya sistem ini tentu saja mempermudah setiap proses pembayaran dengan lebih cepat. Wajib pajak pun tidak perlu lagi antri untuk membayarkan kewajiban atas pajak dari penghasilan dalam setiap badan usaha yang dimiliki. Nah, lalu apa saja keuntungan dari pembayaran pajak secara online ini? Berikut 5 keuntungan diantaranya:

1. Mendapatkan Kode Billing dari DJP 

Keuntungan bayar pajak online ini bisa dilakukan dengan mudah melalui ID Billing yang dapat dibuat dan secara resmi bisa didapatkan dari DJP. ID ini dibuat dengan mudah melalui fitur eBilling yang berada dibawah naungan DJP.

Pembayaran pajak melalui ID Billing ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis dari KAP maupun KJS. Tentunya wajib pajak juga tidak perlu khawatir atas kode billing yang diterbitkan karena kode yang terbit merupakan kode resmi dari Dirjen Jenderal Pajak.

2. Bisa untuk Membayarkan Pajak Pribadi Maupun Badan Usaha

Bagi wajib pajak yang ingin membayar pajak pribadi pun bisa dilakukan melalui eBilling dengan lebih mudah. Sistem online ini juga tentunya mempermudah proses pembayaran pajak bagi wajib pajak badan usaha.

Melalui sistem pembayaran pajak online ini, nantinya proses pembayaran akan dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. Sistem yang didesain dengan sederhana dapat membantu wajib pajak mencatatkan pajak dengan otomatis.

3. Adanya Arsip Bukti Pajak

Wajib pajak juga bisa mendapatkan arsip atas bukti pembayaran pajak yang telah dilakukan. Bukti ini nantinya akan tersimpan pada akun milik wajib pajak dalam sistem bayar pajak online. 

Nantinya wajib pajak bisa mengunduh bukti pajak yang tersimpan atas pembayaran pajak yang telah dilakukan. Tentunya dengan bukti yang diarsip dalam riwayat sistem online ini maka, data juga akan tersimpan dengan aman.

4. Proses Pembayaran Lebih Mudah 

Pembayaran pajak secara eBilling ini tentunya juga bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui virtual account. Proses dari pembayaran pun dapat dilakukan dengan lebih aman karena sistem yang telah terverifikasi dengan baik.

5. Ikut Serta dalam Gerakan Green Tax

Menjadi seorang wajib pajak yang taat dengan melakukan pembayaran pajak tepat waktu tentunya akan memberikan dampak positif atas kepribadian yang patuh atas aturan. Apalagi bila pembayaran pajak dilakukan secara online, tentunya hal ini bisa menjadi gerakan yang tepat dalam menjaga lingkungan.

Adanya sistem online dalam pembayaran pajak ini merupakan suatu gerakan yang tepat untuk ikut serta dalam green tax yang telah dilakukan berbagai negara. Melalui sistem inipun semua proses pajak akan lebih mudah dan aman.

Itulah tadi sekilas tentang bayar pajak online yang menjadi sistem tepat bagi wajib pajak di era modernisasi dan digitalisasi yang terus berkembang setiap harinya. Melalui sistem ini pun wajib pajak juga akan banyak diuntungkan dengan sistem yang mudah, aman dan cepat.