Manfaat Manajemen Risiko Bukan Hanya Bagi Perusahaan Tetapi Dari Berbagai Aspek Lainnya

Setiap orang yang bergelut dalam dunia usaha pasti akan mendapati segala suatu risiko yang tidak terduga. Bahkan ancaman tersebut dapat mengulas biaya, tidak jarang pula bisnis dapat mengalami gulung tikar akibat cadangan atau persiapan yang kurang. Risiko sendiri merupakan hal yang pasti ada dalam setiap perusahaan, oleh karena itu perlu penanganan tang tepat. Dalam dunia bisnis disebut juga dengan manajemen risiko atau risk manajemen.

Sebuah manajemen untuk mengendalikan risiko merupakan suatu proses serta langkah-langkah dalam mengidentifikasi, melakukan penilaian, menentukan upaya sampai dengan mengendalikan dan menentukan keputusan seperti apa yang harus dilakukan. Risiko sendiri dapat muncul dari berbagai elemen manajemen perusahaan seperti masalah finansial, legalitas, pembuatan strategi, kecelakaan, SDM, teknologi, bencana alam, atau bahkan yang lainnya. Jika kesemuanya sudah dipersiapkan dengan baik tidak perlu khawatir lagi atas apa saja ancaman yang dapat terjadi ke depan.

Dalam risk management sendiri terdapat beberapa komponen yang harus Anda ketahui. Masing-masing tentu menjadi cara atau langkah yang tepat dalam penanganan risiko. Mulai dari penentuan sasaran, penilaian risiko, aktivitas pengendalian yang harus dilakukan, lingkungan internal, pengidentifikasi peristiwa, tanggapan risiko sampai dengan informasi dan komunikasi. Pemantauan menjadi Langkah terakhir yang harus dilakukan secara berkala untuk menjadi sebuah dasar keberhasilan manajemen suatu perusahaan.

Sadar tidak sadar ternyata manfaat dari manajemen sebuah risiko itu bisa dirasakan oleh beberapa elemen. Bukan saja dari perusahaan tetapi juga beberapa elemen penting lainnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat beberapa ulasan seperti berikut ini:

1. Manfaat bagi perusahaan.

Yang pertama tentu sudah pasti dari perusahaan yang memberikan manfaat seperti kemudahan melakukan pencapaian, menghindari perusahaan dari kebangkrutan, mendapatkan peningkatan pendapatan perusahaan, meningkatkan keamanan serta meningkatkan kepercayaan kepada para stakeholder atau pemegang saham.

2. Manfaat bagi masyarakat.

Kedua ternyata manfaat bisa diperoleh bagi masyarakat yang menimbulkan kenikmatan hasil penanggulangan risiko. Seperti meningkatkan keamanan masyarakat yang berada di lingkungan sekitar lalu juga pengendalian risiko yang lebih mudah seperti adanya pencemaran lingkungan dan mengganggu kehidupan masyarakat di sekitar perusahaan.

3. Manfaat bagi keluarga.

Termasuk juga memberikan manfaat bagi keluarga yaitu manajemen risiko membuat keluarga mengurangi pengeluaran, menghindari adanya gangguan kesehatan, kehilangan atau kerusakan harta benda dan juga dapat menghindari berbagai ancaman bagian baik secara individu ataupun anggota keluarga akibat terjadinya bahaya atau musibah.

4. Manfaat bagi pemerintahan.

Tidak terlepas dari pemerintahan, risk management juga memberikan manfaat seperti meningkatkan daya saing nasional, meningkatkan pendapatan suatu perusahaan pemerintahan, membuat perusahaan tetap bersaing dan berkembang dan menyerap lapangan pekerjaan banyak dan menurunkan tingkat pengangguran sehingga kesejahteraan masyarakat terjamin.

Sampai dengan ini bisa dikatakan jika perusahaan tidak memiliki manajer yang baik atau kualitas SDM yang menangani manajemen tersebut kurang tepat akan berimbas besar. Yang ditakutkan bukan hanya kerugian tetapi juga perusahaan mengalami gulung tikar. Seperti misalnya pandemi yang dialami Indonesia beberapa tahun membuat banyak perusahaan akhirnya berhenti beroperasi akibat kurangnya pengendali risk management.

Setelah melihat beberapa manfaat yang dikatakan diatas tentu semakin yakin jika manajemen sebuah risiko itu penting bukan? Inilah kenapa dengan memahami secara pribadi akan lebih mudah untuk melakukan segala manajemen di berbagai elemen. Setidaknya untuk mencapai tujuan atau goals lebih mudah dalam perjalanan. Lalu, kenapa perusahaan perlu untuk mengidentifikasi risiko? Supaya segera melakukan upaya mencegah ataupun mengeluarkan keputusan yang dapat melindungi dan memberikan keamanan perusahaan.

Pada dasarnya dimanapun Anda berada tetap manajemen sebuah risiko itu diperlukan terlebih dalam perusahaan. Penerapan manajemen tersebut dapat menciptakan adanya konsisten para manajemen bisnis. Kepada para pihak terkait manfaat manajemen dapat dirasakan secara nyata dan secara luas. Jika Anda ingin membantu perusahaan dalam menerapkan manajemen risiko sesuai kebutuhan bisa konsultasikan pada Prasmul-ELI. Sebagai lembaga kursus dan pelatihan serta pengembangan dapat membantu para SDM langsung. Program risk management yang baik akan memberikan kemudahan perusahaan dalam peningkatan kualitas, perkembangan dan bertahan di tengah berbagai ancaman.

Sumber Bacaan: https://prasmul-eli.co/id/articles/Training-Online:-Komponen-dan-Manfaatnya