Mengenal Harga PABX Dan Sistem Kerjanya

Istilah PABX mungkin terasa cukup asing bagi sebagain besar orang. Pada dasarnya PABX memang jarang diketahui oleh banyak orang pada era saat ini karena secara sistem PABX terdapat pada sebagian orang yang menggunakan telepon. Hal ini berbeda terbalik pada zaman saat ini karena sebagian besar orang sudah menggunakan dan memilih telepon genggam atau handpone karena alasan kemudahan dan lebih praktis.

System komunikasi telepon PABX secara umum sering digunakan oleh sebuah perusahaan besar atau area perkantoran yang membutuhkan komunikasi yang tinggi. Sebuah sistem yang dikenal dengan PABX atau PBX (private automatic branch exchange) merupakan sebuah system hubungan telepon yang dioperasikan tanpa hubungan memalui oprator.

Berkat adanya sistem PABX ini penelepon dapat melakukan hubungan panggilan telepon langsung ke beberapa interlan perusahaan atau kantor dengan mudah dan efisien menggunakan nomor ekstensi. Selain itu kemudahan lainnya para pengguna yang menggunakan sistem ini dapat melakukan panggilan ke perusahaan atau kantor lain dengan menggunakan nomor khusus agar mendapatkan sambungan ke nomor yang dituju.

Sistem PABX ini mempunyai ukuran yang kompek dan lebih kecil sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan bisnis di perusahaan atau kantor yang bersangkutan. Sistem kerja dari PABX ini hampir sama dengan sistem mesin telepon tradisional.

Sistem telepon PABX ini sangat menjadi pusat atau tulang punggung sistem komunikasi antara internal perusahaan selama kurun waktu tertentu. Sebagai sebuah sistem jaringan komunikasi yang dikelola secara perorangan perusahaan atau perkantoran yang memiliki banyak jalur, sistem PABX ini menggunakan beberapa platform yang berbeda sesuai dengan kebutuhan komunikasi.

Beberapa platform tersebut diantaranya integrated service digital dan voice over internet protocol. Untuk mendukung dan memfasilitasi sistem agar terkoneksi telah disediakan oleh penyedia layanan telepon PABX dengan sistem public switched telephone network. Harga PABX  sendiri dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pada jenis dan merk PABX itu sendiri.

Simak cara kerja sistem komunikasi telepon PABX

Sistem komunikasi telepon PABX sendiri terdiri dari beberapa gabungan komponen di dalamnya. Komponen tersebut di antaranya perangkat switch board untuk operator sistem, bagian internal, saluran untuk menghubungkan PABX ke PSTN, perangkat computer untuk memproses data, dan perangkat telekomunikasi seperti mesin faksimili , telepon, dan perangkat lainnya.

Sistem PABX ini mempunyai beberapa sambungan dan banyak kabel yang terhubung dalam sebuah switch board. Dengan ini sistem kerja PABX bisa dikatakan sebagai sebuah terobosan yang canggih yang digunakan pada telepon, modem jaringan internet, mesin faxsimili, dan bisa digunakan untuk sarana komunikasi internal pegawai atau karyawan yang berada pada sebuah perusahaan atau instansi.

Cara kerja dari sistem PABX ini hampir sama seperti perangkat modem yang berfungsi untuk pusat kontrol. Jika setiap telepon yang baru masuk maka secara otomatis panggilan telepon tesebut akan di routing atau diteruskan melalui pusat kontrol. Hal ini dapat terjadi karena dalam oprasi system PABX sudah diatur dan dimasukkan kode akses ektensi tertentu, oleh karena itu telepon yang baru masuk tadi diarahkan menuju tempat tujuan menggunkan kode akses ekstensi tersebut.

Pada dasarnya semua sistem PABX yang berbasis digital memiliki fungsional grup yang seluruhnya hampir sama. Akan tetapi sistem cara kerjanya telah diatur dan diterapkan pada jalur komunikasi yang berbeda dalam sebuah sistem yang bervariasi. Secara singkat sistem kerjanya menghubungkan telepon dengan proses komunikasi pada telepon.