Panduan Investasi Online Terbaik: Jenis, Cara, dan Tips Lengkap

Investasi sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat perkotaan guna mengamankan simpanan dana dalam jangka panjang. Simpelnya, investasi merupakan tindakan mengakumulasi kekayaan dengan menempatkan uang pada instrumen keuangan yang memberikan imbal hasil tertentu. Termasuk investasi online.

Salah satu kunci sukses investasi adalah kesesuaian antara tujuan keuangan dan instrumen investasi yang dipilih. Kamu harus tahu tujuan keuangan kamu sebelum memilih instrumen investasi. Terlebih dengan maraknya produk yang ditawarkan secara online, kondisi ini pun membuat pilihan investasi masa kini semakin variatif dan kompetitif.

Supaya lebih jelas kamu bisa membacanya di artikel berikut ini.

Apa Itu Investasi Online?

Layaknya investasi secara konvensional, investasi online adalah penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan secara panjang. Investasi berfungsi untuk menyimpan dana dalam jangka panjang supaya memiliki nilai yang lebih tinggi dari inflasi tahunan. Untuk transaksi lebih aman, Anda perlu mengetahui investasi secara online dengan aman.

Instrumen investasi online bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyimpan dana masa depan. Melalui aplikasi investasi online terpercaya dan terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, kamu bisa memilih jenis investasi mulai dari P2P Lending, reksadana, emas, saham, sampai investasi online syariah. Salah satu keuntungan melakukan investasi secara daring ini adalah prosesnya yang lebih cepat dan efisien.

Keuntungan dan Keunggulan Investasi Online

Berinvestasi secara online menjadi tren baru saat ini karena menawarkan berbagai kelebihan dan keuntungan. Pasalnya berbagai situs marketplace investasi terbaik di dunia bisa memberikan keuntungan bagi investornya. Berikut keuntungan dari investasi online terpercaya.

1. Lebih Nyaman dalam Bertransaksi

Investasi online menggunakan aplikasi maupun website resmi sehingga investor bisa bertransaksi sambil beristirahat dan tak perlu melakukan perjalanan jauh menuju kantor penyedia jasa. Tampilan website maupun aplikasi yang simpel akan memudahkan investor dalam berinvestasi kapanpun dan dimanapun.

2. Informasi Selalu Diperbaharui 

Akses internet memungkinkan persebaran informasi lebih cepat dan menguntungkan investor untuk memahami kondisi pasar terkini. Contohnya perkembangan harga terkini, pergerakan harga, sampai informasi lain yang mempengaruhi pengambilan keputusan.

3. Dapat Mengecek Secara Berkala 

Melalui aplikasi, mengecek kondisi dan pergerakan investasi sama mudahnya dengan membuka sosmed. Kamu bisa melakukan pemantauan informasi secara rutin dan mengetahui berapa total simpanan dan dapat mengonversinya sesuai data harga jual beli terakhir.

4. Informasi Jelas dan Transparan 

Transparansi merupakan salah satu keunggulan dari investasi saham, reksadana, emas online, sampai investasi online halal berbasis syariah. Kamu bisa mengikuti harga pasar secara real-time dan membuat keputusan lebih tepat. Melalui aplikasi investasi online terbaik, kamu bisa mengetahui mengenai produk, keuntungan, serta risiko investasi secara lebih terbuka.

5. Transfer Lebih Cepat dan Praktis

Akses aplikasi maupun website membuat kegiatan transaksi secara online lebih praktis dan cepat dibanding mode transaksi konvensional. Kamu bisa dengan mudah melihat riwayat transaksi beberapa bulan terakhir melalui data digital. Bila melakukan investasi emas online, kamu bisa mencetaknya dalam bentuk fisik logam bila diperlukan.

Daftar Contoh Investasi Online Terpercaya

Sekarang ini sudah banyak situs marketplace investasi terpercaya dan terbaik yang terdaftar di OJK dan siap melayani kegiatan investasi kamu. Jangan sampai kamu memilih perusahaan fintech abal-abal seperti kasus investasi poker online yang mana dana investor malah diputar untuk judi poker. Berikut daftar perusahaan maupun situs marketplace investasi online terpercaya

Amartha membidik pengguna dari masyarakat menengah ke bawah karena pembiayaannya ditujukan untuk UKM dan usaha mikro. Perusahaan ini berupaya membawa keuangan mikro dan UKM berkembang dengan cepat dan menjadi lebih modern.

Tips Investasi Online

Situs marketplace investasi terpercaya dengan profit harian memang menggiurkan bagi para investor. Hanya saja memanen cuan dari investasi membutuhkan waktu dan proses pembelajaran yang terus menerus sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

Nah, tentunya akan timbul pertanyaan tentang investasi online selanjutnya, yakni bagaimana tips dalam berinvestasi online dengan tepat? Qoala sudah merangkum beberapa tips untuk melakukan investasi online terbaik di tahun 2021 maupun 2022 yang bisa juga diaplikasikan untuk pemula guna mendapatkan cuan berikut ini.

1. Cek Legalitas Plafon Perusahaan Investasi Online

Legalitas merupakan aspek yang harus pertama kamu perhatikan saat akan melakukan investasi online. Jangan tergiur pada return keuntungan yang tinggi tanpa mengecek legalitas perusahaan investasi yang menawarkan investasi. Kamu bisa mengecek perizinan lembaga ke otoritas terkait seperti Bappebti, OJK, dan Bank Indonesia. Dengan begitu, kamu tentunya bisa terhindar dari risiko terjebak investasi online bodong.

2. Buat Tujuan Keuangan

Kamu harus menentukan tujuan keuangan sebelum melakukan investasi. Pasalnya setiap tujuan keuangan menuntut jenis investasi yang berbeda–beda. Misalnya, tabungan pendidikan dan dana pensiun merupakan dua tujuan keuangan yang berbeda, mulai dari risiko dan target pencapaian. Oleh karena itu, kamu membutuhkan instrumen investasi yang berbeda.

Selain itu, kamu juga perlu bersabar dan jangan langsung berharap keuntungan yang instan. Meski kamu sudah mengetahui tujuan keuangan dalam investasimu, kamu bisa memulainya dengan investasi online modal kecil terlebih dahulu.

3. Pahami Profil Risiko

Setiap jenis investasi memiliki risiko yang berbeda-beda. Untuk itu kamu perlu memahaminya secara tepat sebagai salah satu cara belajar main saham terbaik.

Nah, investasi saham online maupun offline memiliki risiko yang tinggi karena fluktuasi harganya setiap hari bisa sangat tajam, bisa naik 5% lalu turun 10% dalam sehari. Harga saham yang naik turun bisa menjadi kesempatan bagi investor untuk mendulang keuntungan, atau malah mendapatkan kerugian.

Sementara, risiko dari investasi deposito tergolong rendah dan berbanding lurus dengan keuntungannya yang relatif kecil. Cocok buat orang yang tak terlalu suka mengambil risiko. Jadi, kamu harus tahu profil risiko kamu sehingga bisa memilih instrumen investasi yang sesuai.

4. Lakukan Monitoring

Sebagai investor, kamu wajib memantau kinerja dan perkembangan investasi secara teratur. Tujuannya untuk mengetahui nilai investasi saat ini, mengetahui apakah program investasi kamu berjalan baik, dan mendeteksi dengan cepat jika muncul masalah dalam investasi.

Aplikasi investasi secara daring terbaik memiliki tools untuk memantau kinerja investasi. Kamu bisa melakukan investasi check-up guna mengevaluasi hasil dan memastikan tujuan keuangan berada di trek yang benar.

5. Jangan Lupakan Diversifikasi

Tips investasi online terbaik terakhir, melakukan diversifikasi portofolio dengan baik. Lalu, apa maksud dari salah satu istilah saham dasar ini? Maksudnya, investasi merupakan upaya mengakumulasi modal supaya terus berlipat dan bisa digunakan untuk kebutuhan masa depan. Hanya saja yang namanya masa depan penuh dengan ketidakpastian sehingga muncul risiko dalam investasi. Bila satu instrumen mengalami kerugian, kamu masih punya instrumen lain yang untuk menutupi kerugian itu.

Dalam berinvestasi saham online maupun offline, kamu tak dianjurkan membeli hanya satu saham karena risikonya sangat besar. Kamu bisa membeli beberapa saham dengan membentuk portofolio supaya memiliki diversifikasi dalam investasi saham.

Itulah cara melakukan investasi online terbaik yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih aplikasi investasi online terpercaya dengan profit harian yang rasional. Pastikan situs marketplace investasi yang kamu gunakan terdaftar di OJK seperti Amartha ya.