• Tue. Jul 16th, 2024

Popok Ganggu Tumbuh Kembang Anak? Ini Penjelasannya!

ByPrasetya

Jun 9, 2023

Pemilihan diapers yang tepat akan membuat anak terhindar dari ruam popok. Misalnya saja diapers dengan teknologi absorbent polymer yang bisa membantu menyerap cairan urine lebih cepat sehingga tidak meninggalkan lembap. Jika anak terbebas dari ruam popok, maka anak pasti akan merasa jauh lebih nyaman dan bisa bergerak tanpa harus menahan rasa perih dan gatal.

Tentang Ruam Popok

Sebenarnya apa itu ruam popok? Ruam popok adalah kondisi ruam pada kulit yang disebabkan oleh pemakaian popok, baik popok sekali pakai maupun popok cuci ulang. Namun biasanya ruam disebabkan oleh jenis popok sekali pakai.

Tentu saja kondisi ini akan memberikan banyak dampak negatif pada si kecil. Ruam popok bisa memicu rasa gatal dan tidak nyaman sehingga anak cenderung rewel. Selain itu, ruam popok juga akan membuatnya ingin selalu menggaruk area yang mengalami ruam. Pada akhirnya, kebiasaan tersebut bisa menimbulkan luka di kulit yang membuat si kecil merasa semakin tidak nyaman.

Ruam popok biasanya diawali dengan bercak merah di bagian kulit. Jika tidak diobati dan dibiarkan begitu saja maka akan menimbulkan gatal dan si kecil reflek menggaruknya. Lalu muncul luka terbuka dan ruam yang semakin lebar.

Sebenarnya ruam popok ini bisa dicegah dengan pemilihan jenis diapers yang tepat. Salah satunya adalah produk diapers yang menggunakan teknologi absorbent polymer. Teknologi ini memungkinkan diapers menyerap lebih banyak cairan urine secara cepat sehingga permukaan popok tetap kering. Selain itu, teknologi ini juga akan mencegah kulit bayi menjadi lembap.

Hubungan Ruam Popok dengan Tumbuh Kembang

Tahukah Anda bahwa ruam popok pada anak ternyata bisa mengganggu tumbuh kembang? Seringkali dianggap sepele dan wajar terjadi, ruam popok seringkali diabaikan begitu saja. Padahal ruam popok bisa memberikan dampak panjang yang merugikan si kecil. Berikut adalah beberapa alasan ruam popok bisa memengaruhi tumbuh kembang buah hati Anda.

1. Tidak Bebas Bergerak

Ruam popok membatasi gerakan si kecil saat beraktivitas. Padahal, di tahap perkembangannya, anak pasti akan banyak bergerak. Apalagi jika buah hati Anda belum mencapai usia 1 tahun. Pasti ia butuh bergerak ke sana kemari sehingga fungsi motorik kasarnya berfungsi lebih optimal.

Saat si kecil mengalami ruam popok maka ia tidak akan bebas bergerak. Hal ini disebabkan oleh adanya rasa sakit yang muncul saat bergerak. Jadi anak lebih memilih untuk diam dan tidak melakukan aktivitas. Kondisi ini tentu tidak bagus karena bisa menghambat perkembangan motorik kasar si kecil.

2. Kurang Mengeksplorasi

Ruam popok juga bisa menurunkan daya eksplorasi buah hati Anda. Perlu diperhatikan bahwa setiap anak pasti perlu mengeksplorasi lingkungannya secara optimal. Di setiap tahapan usia, anak pasti akan melakukan eksplorasi supaya bisa mengenal lingkungan sekitarnya dengan baik. Jika terjadi ruam popok, maka akan tidak bisa bebas bergerak dan eksplorasi jadi kurang optimal.

Itulah mengapa diapers dengan teknologi absorbent polymer dan kemampuan daya serap yang bagus sangat dibutuhkan. Tujuannya agar si kecil terhindar dari ruam popok sehingga lebih bebas bergerak kemana saja dan bisa mengeksplorasi tanpa batasan. Ini akan sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di setiap tahapan usia.

3. Lebih Banyak Rewel

Anak yang mengalami ruam popok biasanya akan lebih banyak rewel. Hal ini tentu saja tidak bagus bagi perkembangan mental si kecil. Di setiap tahapan usia, orang tua seharusnya membuat si kecil selalu merasa nyaman. Jika anak merasa nyaman maka ia akan merasa lebih bebas mengeksplorasi dan mengembangkan keberaniannya sendiri.

Bantu masa pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan menjauhkannya dari ruam popok yang menyakitkan. Ruam popok hanya akan membuat anak jadi lebih sering menangis dan rewel, bahkan sampai bisa kehilangan nafsu makan. Tentunya ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan anak kekurangan asupan gizi pada masa emasnya.

3. Tidak Bisa Tidur dengan Nyenyak

Ruam popok tidak hanya mengganggu aktivitas anak di siang hari namun juga membuat tidurnya tidak nyenyak saat malam tiba. Anak pasti akan merasa terganggu dengan kondisi kulitnya yang gatal. Hal ini sebaiknya tidak berlangsung terus-menerus karena tidur adalah hal yang sangat penting untuk si kecil.

Jika anak tidak bisa tidur dengan nyenyak maka pertumbuhan dan perkembangannya juga akan terganggu. Pastikan agar si kecil benar-benar merasa nyaman di waktu tidurnya. Gunakan jenis diapers yang tepat agar anak tidak mudah terbangun karena diapers yang basah ataupun ruam popok.

Pilihlah produk diapers Baby Happy yang sudah memiliki teknologi absorbent polymer. Teknologi ini akan membantu mengoptimalkan proses penyerapan cairan urine. Diapers jadi lebih cepat kering dan tidak lembap. Lebih dari itu, anak juga akan merasa nyaman bergerak karena desain diapers-nya pas. Anda pun merasa lebih tenang karena anak bebas beraktivitas sepanjang hari.