• Mon. Sep 16th, 2024

Tips dan Trik Belanja Kebutuhan Sekolah di Marketplace Biar Murah

ByPrasetya

Aug 31, 2024

Pada saat tahun ajaran baru biasanya orang tua disibukkan dengan melengkapi perlekangpan sekolah anak. Tetapi, kadang-kadang anak-anak selalu menginformasikannya setengah-setengah. Walhasil orang tua jadi kelabakan harus melengkapi dalam waktu semalam saja.

Tetapi, ada juga sekolah yang sudah memberikan daftar perlengkapan yang harus dibawa sehingga orang tua bisa memiliki kesempatan untuk memenuhinya sebelum anak masuk sekolah. Supaya lebih terjangkau, kadang-kadang saya justru memilih membeli perlengkapan sekolah secara online. Selain harganya hampir sama dengan harga grosiran, praktis dan juga bisa dikirim dengan jangka waktu yang relatif cepat jika dipesan di hari kerja.

Nah, berikut ini ada beberapa panduan ketika kita belanja kebutuhan sekolah untuk anak. Simak ulasan lengkapnya berikut ini;

Belanja Online Pilihan Terbaik

Salah satu alasan kenapa saya lebih suka belanja online karena lebih mudah mencari barang dari foto maupun videonya. Jadi, tidak harus capek-capek ke Mal untuk parkir di akhir pekan yang belum tentu perlengkapannya ada di tempat yang sama. Kadang-kadang ada barang yang tidak ada di satu tempat harus mencari di tempat lainnya sehingga menghabiskan waktu dan energi. Belum lagi parkir dan biaya makan ke Mal kalau belanjanya bareng keluarga.

Pastikan Pilih Toko yang Bagus

Memang tidak semua barang di online bisa dicek secara fisik. Tetapi, saya biasanya punya filtering ketika memilih barang. Saya akan memilih barang-barang yang sudah dibeli lebih dari 100 orang. FItur ini mudah kok dicari dan ditampilkan di marketplace seperti Tokopedia. Bahkan kita juga bisa mengaktifkan filtering berdasarkan barang yang paling banyak terjual ataupun yang paling banyak diulas oleh konsumen sebelumnya.

Sehingga saya juga jadi lebih mudah untuk memilih dari toko yang memang sudah banyak pelanggannya, punya reputasi serta bintang minimal di atas 3.  Baca juga deskripsinya supaya jelas saat melakukan klaim jika barang rusak saat pengiriman atau cacat produksi. Yang jelas setiap menerima barang dari marketplace, wajib melakukan video unboxing sebagai salah satu syarat sah mengajukan klaim kerusakan.

Pilih Pembayaran yang Fleksibel dan Praktis

Supaya lebih mudah dan praktis saat belanja kamu bisa menggunakan pembayaran paylater. Misalnya seperti Tokopedia yang juga menyediakan metode pembayaran paylater. Cara mengaktfiakan Tokopedia Paylater sangatlah mudah karena sudah terintegrasi dengan aplikasi Gojek. Pastikan saja bahwa akun kamu sudah tersinkronisasi dengan menyamakan data pribadi dari dua platform tersebut.

Selain menggunakan paylater dari Tokopedia, kamu juga tetap bisa belanja dengan menggunakan Kredivo. Kredivo juga bisa digunakan sebagai paylater. Saya bisa belanja hari ini bayarnya bulan depan tanpa harus bayar bunga. Apalagi sebagai member premium, saya mendapatkan privilege untuk memiliki limit pinjaman sampai dengan Rp50 juta. Jadi, limitnya tidak hanya sebatas digunakan untuk belanja perlengkapan sekolah saja, tapi juga untuk kebutuhan lain.

Manfaatkan Voucher Gratis Ongkir

Supaya bisa menghemat bujet, gunakan dan manfaatkan voucher gratis ongkir. Hampir setiap hari voucher ini diberikan untuk menarik minat pembeli secara online. Karena salah satu beban biaya jika harus mengirimkan dari luar kota. Beban ongkir jadi bertambah. Dengan memanfaatkan voucher gratis ongkir setidaknya bisa menghemat biaya logistik pengiriman barangnya.

Beli dalam Jumlah Grosiran

Emak-emak biasanya punya cara jitu agar bisa menghemat anggaran. Untuk peralatan sekolah sebenarnya bisa awet dan tahan lama. Untuk beberapa perlengkapan tertentu bisa dibeli secara grosiran apalagi jika sudah memiliki lebih dari satu anak usia sekolah. Dengan begitu, ada selisih harga yang bisa dihemat karena belanja grosiran harganya jauh lebih hemat dibandingkan beli secara ketengan.

homescontents