Wajib Tahu! Biaya Jasa Arsitek dan Kontraktor Bagi Yang Mau Bangun Rumah

Bagi Anda yang berencana membangun rumah, Anda wajib tahu berapa biaya jasa arsitek dan kontraktor. Kedua jasa tersebut akan membantu Anda mewujudkan rumah impian.

Banyak orang yang belum paham mengenai perhitungan biaya jasa arsitek dan kontraktor. Tidak sedikit pula yang menganggap jika kedua jasa tersebut harganya mahal.

Untuk menghitung biaya jasa arsitek dan kontraktor tidaklah sulit. Berikut akan dijelaskan mengenai cara perhitungan biaya kedua jenis jasa tersebut.

Perhitungan Jasa Arsitek Per Meter Persegi

Cara perhitungan biaya jasa arsitek dan kontraktor berdasarkan luas per meter persegi paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Biaya jasa yang akan dikenakan pada pelanggan mulai dari Rp. 100.000 per meternya untuk jasa kontraktor. Sedangkan, besaran biaya artisek berkisar antara Rp. 150000 hingga Rp. 800.000 per meternya.

Besar biaya arsitek dipengaruhi oleh pengalaman dan portofolio hasil proyek atau pekerjaan sebelumnya. Arsitek yang mempunyai banyak pengalaman dan keterampilan baik biasanya mematok tarif yang tinggi. Sedangkan arsitek yang baru dan minim pengalaman biasanya menerapkan harga di bawah standar.

Jika Anda menginginkan hasil rumah yang memuaskan, Anda harus pintar dalam memilih jasa arsitek. Pilih jasa arsitek yang sesuai dengan besaran anggaran yang dimiliki. Jangan sampai dengan alasan berhemat, Anda asal dalam memilih arsitek.

Perhitungan Jasa Arsitek Berdasarkan IAI

IAI adalah singkatan dari Ikatan Arsitek Indonesia. Sebagai organisasi yang mengatur tentang profesi arsitek, IAI mengeluarkan tabel biaya jasa arsitek sebagai patokan untuk para pelanggan.

Tabel tersebut berisi mengenai perhitungan biaya arsitek berdasarkan besar biaya bangunan yang tercatat dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

IAI juga membagi biaya jasa arsitek berdasarkan jenis bangunan yang juga dijelaskan dalam tabel tersebut.

Pada umumnya, biaya desain tidak dibayarkan secara utuh di awal. Anda bisa melakukan pembayaran secara bertahap sesuai dengan kesepakatan dengan arsitek.

Perhitungan Jasa Arsitek untuk Renovasi

Cara perhitungan jasa arsitek untuk renovasi rumah hampir sama dengan cara perhitungan jasa arsitek sebelumnya.

Biaya jasa arsitek tergantung dari kesepakatan antara si arsitek dan pelanggannya. Secara umum, jasa arsitek untuk renovasi dihitung berdasarkan luas bangunan, persentase biaya konstruksi, biaya tetap, dan biaya desain.

Perhitungan Jasa Kontraktor

Berbeda dengan jasa arsitek, perhitungan jasa kontraktor untuk proyek pembangunan rumah dihitung berdasarkan material bangunan yang dipilih. Semakin tinggi kualitas material yang dipilih, semakin mahal biaya jasa kontraktor.

Seorang kontraktor biasanya mengambil biaya jasa dari persentase material bangunan yang dipilih oleh pelanggan.

Untuk sistem pembayarannya dimulai dengan membayar uang muka, kemudian sisanya dibayarkan secara bertahap selama proses pembangunan rumah.

Alternatif Dengan Memilih Paket All-In

Paket all-in mencakup biaya jasa arsitek dan kontraktor dalam satu paket pembayaran. Dengan paket ini, biaya atau harga yang dibayarkan sudah mencakup biaya desain hingga proses pengerjaan rumah.

Paket all-in mempermudah pekerjaan Anda karena tidak harus mencari sendiri jasa kontraktor. Jasa kontraktor akan disediakan oleh arsitek.

Dengan mengetahui informasi mengenai biaya jasa arsitek dan kontraktor, Anda bisa lebih mudah dalam membuat perencanaan. Pastikan Anda memilih jasa terpercaya dengan bekerjasama dengan penyedia jasa profesional.

Berbagai jasa profesional dengan harga kompetitif bisa Anda dapatkan di platform Sejasa.com. Melalui platform ini, Anda akan menemukan berbagai jasa yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Melalui Sejasa, Anda tidak perlu direpotkan untuk datang ke kantor atau tempat penyedia jasa. Anda cukup memesan jasa melalui platform tersebut, maka jasa yang Anda butuhkan langsung menghampiri. Butuh jasa, ingat selalu Sejasa!